| |

Belajar (lagi) dari Rumah, Bersama Orang Tua adalah guruku

Kezia.jpgEvelyn.jpegSharon.jpgWhatsApp_Image_2020-05-14_at_19.03.37_1.jpegArthur.jpeg

Sudah sekitar 6 bulan saya harus melakukan pembelajaran di rumah. Learning from home atau belajar dari rumah, tepatnya di kamar atau di ruang tamu, menyimak penjelasan guru melalui aplikasi Zoom.  Guru-guru baik sekali mengirimkan file berbentuk PDF, agar saya dapat mengakses pelajaran. Selain itu ada juga Goegle  Classroom yang sangat memudahkan kami dalam melihat materi yang diajarkan, juga mengirim berbagai tugas yang diberikan oleh guru-guru kami. Berbagai upaya memang sudah dilakukan oleh guru-guru kami agar belajar dari rumah bisa terlaksana dengan baik.  Sekolah berusaha keras menyediakan pembelajaran yang bisa diakses siswa belajar dari rumah dengan didampingi guru, orangtua, maupun secara mandiri. Disinilah aku menyadari bahwa tidak saja peran guru yang terpenting, namun peran orang tua dalam mendapingiku selama belajar dari rumah juga sangat penting bagiku. Saat melakukan pembelajaran dari rumah, aku merasa kurang paham waktu mengerjakan soal atau tugas dari guru, maka orang tuaku dengan sabar menjelaskan kembali kepadaku. Duuuhh senangnya punya orang tua seperti mereka. Orang tua mencoba menjadi guru di rumah bagi kita anak-anaknya.

Lama kelamaan aku merasa senang dan terbiasa dengan pembelajaran dari rumah. Selain ada guru yang mengajar melalui zoom, orang tuaku juga mendampingi aku selama pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pendampingan orang tua sangat penting bagi keberlanjutan pendidikan anak. “kalian harus terus bersekolah, jangan sampai karena pandemi kalian tidak bisa melanjutkan sekolah, kenyataanya pembelajaran toh masih bisa dilakukan dari jarak jauh”, begitulah kata orang tuaku saat itu. Orang tua ku selalu memberikan motivasi dengan kalimat ‘ Belajar dengan Sehat dari Rumah”. Hal ini ditujukan agar aku tetap semangat belajar dan jangan sampai putus asa karena pandemi ini.

Terimakasih buat orang tuaku dan semua orang tua di luar sana, yang siap mendampingi kami anak-anak untuk belajar dengan cara sehat di rumah.

boost the values reap the success