| |

Belajar Membuat Jus Buah

Salah satu cara untuk membuat tubuh kita menjadi sehat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, karena buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Lalu, pertanyaannya, bagaimana dengan orang-orang yang tidak suka memakan buah secara langsung? Tenang, ada berbagai macam bentuk olahan buah, supaya buah tetap bisa dinikmati. Coba saja kita amati lingkungan sekitar, ada berbagai macam bentuk olahan buah, seperti sop buah, salad buah, rujak buah, cake buah, jus buah, bahkan ada yang dibuat menjadi dodol buah.

1 2

Dari berbagai macam olahan tersebut, kami siswa kelas II SD Kristen Petra 11, pada hari Kamis, 27 Februari 2020 belajar tentang membuat jus buah. Kami membawa buah semangka dan alpukat yang akan kami praktikkan pada hari ini. Rasanya sangat senang sekali, karena ada satu lagi basic life skill yang kami pelajari dan tentunya berguna untuk kehidupan kami. Sebelum memulai membuat jus, Ibu Guru terlebih dahulu menjelaskan tentang manfaat buah dan vitamin apa saja yang terkandung di dalamnya. “Ayo, Bu! Kami sudah tidak sabar untuk memulai membuat jus!” celetuk salah satu murid yang sudah tidak sabar untuk menikmati jus buah yang sudah siapkannya, anak-anak memang terlihat sangat antusias untuk membuat jus. “Tenang, sabar, kita akan segera memulainya.” jawab Ibu Guru.

3 4

Sebelum membuat jus, pastinya ada beberapa peralatan dan bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu: blender, air, pisau, sendok, gula, susu, serta gelas. Anak-anak siap? Yuk, kita mulai. Pertama, ambil buah yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu lalu potong kecil-kecil untuk buah semangka, belah menjadi dua untuk buah alpukat, ambil daging alpukat dengan menggunakan sendok. Setelah itu, masukkan ke dalam blender yang sudah disiapkan. Lalu, jus semangka, tuang air dan tambahkan gula. Sedangkan untuk jus alpukat, tuang air dan tambahkan gula serta susu, jika suka susu. Jangan lupa tutup blendernya dan buah siap untuk di-jus. Eitss, tunggu beberapa saat ya sampai buah benar-benar hancur dan tercampur dengan baik. Setelah selesai, tuang jus ke dalam gelas yang sudah disiapkan. Jus siap dinikmati!

5 7

Ini merupakan pengalaman pertama bagi kami, siswa kelas II SD Kristen Petra 11 untuk membuat jus dan menggunakan blender, bahkan memencet tombol blender sendiri. Tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Oh iya, ada satu lagi pesan dari ibu guru untuk kami, buah memang sehat bagi tubuh kami, boleh saja jika buah itu di-jus, namun, kata ibu Guru, jangan terlalu banyak untuk menambahkan gula ataupun susu dalam jus kami, karena bisa membuat vitamin dalam buah tersebut berkurang. Yeay, saatnya menikmati jus yang sudah kami buat, selamat menikmati.

boost the values reap the success