| |

Belajar Menimbang Yuk!

Albums

Jika kalian membawa 1 buah Apel, kira-kira berapa ya beratnya? Mungkin 1 buah Apel bisa 100 gram, mungkin saja bisa 130 gram, atau bahkan bisa lebih dan bisa kurang dari perkiraan kita. Lalu, apakah kita bisa mengira-ngira sendiri berapa berat 1 buah Apel dengan tepat? Hhmmm, mungkin bisa, namun sedikit kemungkinan jika berat yang kita pikirkan bisa tepat dengan berat yang sesungguhnya. Nah, untuk membantu mengetahui berapa jumlah berat benda dengan tepat, pastinya kita membutuhkan alat bantu. Menurut kalian, apakah alat bantu tersebut? Yap, betul sekali! Salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mengukur berat adalah timbangan. Yuk, kita sama-sama belajar tentang mengukur berat dengan alat bantu timbangan seperti yang kami lakukan siswa-siswi kelas II A SD Kristen Petra 11 pada hari Kamis, tanggal 13 Februari 2020.

Ternyata, ada berbagai macam timbangan yang bisa kita pakai dalam mengukur berat, yaitu timbangan pasar, timbangan berat badan, timbangan roti, timbangan gantung, dan masih banyak lagi. Nah, untuk dapat mengukur berat dengan tepat, sebaiknya kita juga perlu tahu timbangan mana yang sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya timbangan pasar biasa digunakan untuk menimbang telur, gula, atau tepung dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Timbangan berat badan tentunya untuk mengukur berat badan kita. Sedangkan timbangan roti bisa digunakan untuk menimbang buah, telur, tepung dengan ukuran yang lebih kecil dibandingan dengan timbangan pasar. Untuk mengukur yang lebih berat lagi, seperti sekarung beras, kita bisa menggunakan timbangan gantung. Saat ini kami akan praktik mengukur berat benda yang sudah disiapkan, bahkan ada beberapa di antara kami yang membawa benda yang akan ditimbang. Kali ini kami akan menimbang dengan menggunakan timbangan roti, yuk kita mulai!

Peralatan yang kami butuhkan untuk mengukur berat adalah timbangan roti, benda-benda yang akan kami timbang, kertas dan pensil untuk mencatat. Kami harus teliti, karena kami harus mencatat dengan detail setiap satuan gram dan kilogramnya. Ada berbagai macam benda yang kami ukur, yaitu tomat, pisang, jeruk, pepaya, bahkan ada diantara kami yang membawa gula dan beras. Sangat menyenangkan sekali pembelajaran hari ini, kami sangat menikmati menimbang satu demi satu benda yang ada, kami juga menjadi tahu bagaimana menimbang dan membaca timbangan dengan tepat! Tetapi hati-hati ya, jangan sampai semua barang dan benda yang ada di sekeliling kita harus kita timbang dahulu sebelum digunakan, hehe, timbangan digunakan jika kita membutuhkan saja. Tetap semangat menimba ilmu ya!

boost the values reap the success