| |

Fun Learning

IMG20190108122434.jpgIMG20190108121427.jpgIMG20190108121404.jpgIMG20190108121212.jpg

Pernahkan kalian merasa bosan ketika berada di dalam kelas? Kira-kira apa yang menyebabkan kalian dapat merasa bosan? Setiap dari kita pasti pernah merasa bosan ketika pelajaran bersama guru, bahkan sampai ada yang merasa mengantuk ketika guru hanya menerangkan di depan kelas. Ya tentu, kita semua akan mudah bosan ketika kita hanya duduk diam tanpa melakukan sesuatu secara langsung. Tetapi cara yang seperti ini sudah mulai ditinggalkan oleh guru-guru, sekarang guru mempunyai metode atau cara yang lebih menyenangkan sehingga kita semua dapat belajar dengan lebih semangat.

Seperti yang kami lakukan siswa kelas I SD Kristen Petra 11 pada hari Selasa, 8 Januari 2019, dalam mata pelajaran Science. Kami belajar tentang “Air” yang berarti udara, udara adalah bagian terpenting dalam kehidupan kita, udara juga ada di mana-mana. Dapatkah kalian melihat udara? Tentu saja tidak, karena udara tidak berbetuk, tetapi udara dapat kita rasakan. Saat ini, kami belajar bahwa udara dapat membantu proses pembakaran. Bagaimana bisa ya? Hari ini kami membuktikan secara langsung, alat-alat yang diperlukan yaitu: 2 buah lilin, korek api, dan tabung gelas. Cara membuktikannya cukup mudah, lilin yang sudah dinyalakan, kemudian secara perlahan ditutup menggunakan tabung gelas, selang beberapa saat, lilin yang terbakar itu pasti akan mati. Bagaimana bisa mati? Ya, karena di dalam tabung gelas tersebut tidak ada udara lagi. Cukup mudah bukan cara membuktikan jika udara itu membantu proses pembakaran?

Apakah kalian pernah melihat daun-daun yang bergerak? Kira-kira apa yang menyebabkan daun-daun itu dapat bergerak? Daun-daun itu dapat bergerak karena adanya angin. Angin itu sendiri adalah udara yang bergerak di sekitar kita. Udara yang bergerak dapat memindahkan sesuatu dari tempat semula ke tempat yang lain. Untuk membuktikannya, kami menggunakan kertas yang sudah kami bentuk seperti bola-bola kecil, kemudian kami membuat lingkaran, supaya kami dapat melihat dengan jelas perpindahan bola kertas tersebut. Setelah siap, kami memakai buku yang kami gunakan sebagai kipas. Dengan sekuat tenaga kami mengerakkan buku kami, akhirnya bola kertas tersebut keluar dari lingkaran yang sudah kami buat, hal ini membuktikan, bahwa angin dapat memindahkan sesuatu. Walalupun udara tidak dapat kita lihat, tetapi udara dapat kita rasakan. Terbukti dengan balon yang kita tiup, setelah kita tiup, kemudian arahkan balon tersebut ke anggota tubuh kita, maka akan ada udara yang seakan keluar dari balon tersebut.

Menyenangkan bukan dapat belajar sambil membuktikkannya secara langsung? Pasti pelajaran tersebut dapat kita ingat terus-menerus karena kita sudah melakukannya secara langsung. Tetap antusias ya untuk belajar!

 

boost the values reap the success