| |

Fun Learning

Jika kalian diberikan pilihan, mana yang lebih menyenangkan, belajar dengan duduk mendengarkan saja atau belajar dengan mempraktikkannya secara langsung? Sebagian besar pasti memilih untuk belajar dengan mempraktikkannya secara langsung. Karena jika kita mempunyai pengalaman langsung, tentunya akan lebih mudah mengingat pembelajaran tersebut. Sama seperti yang kami, siswa-siswi kelas II SD Kristen Petra 11, lakukan pada hari Kamis, tanggal 15 Januari 2019, dengan belajar tentang pengukuran panjang.

IMG-20200123-WA0014.jpgIMG-20200123-WA0001.jpgIMG-20200123-WA0009.jpgIMG-20200123-WA0003.jpgIMG-20200123-WA0005.jpgIMG-20200123-WA0010.jpg

Belajar tentang pengukuran panjang, jika hanya mendengarkan dan membayangkan saja, pasti akan susah memahami tentang bagaimana mengukur benda dengan baik dan benar. Nah… pembelajaran kali ini berbeda, karena kami membawa berbagai macam bentuk daun, seperti daun sirih, daun mangga, daun jambu, daun cincau, dan daun cabai, sebagai bahan pembelajaran. Nah, kira-kira apa ya, yang dapat kami lakukan untuk mengukur daun-daun tesebut? Mengukur secara langsung menggunakan penggaris atau bagaimana? Daun memiliki bentuk dan struktur yang berbeda, maka untuk mengukurnya membutuhkan alat bantu yang bisa mengikuti bentuk dan tekstur daun tersebut. Alat atau benda yang kami pakai adalah menggunakan benang. Yuk, kita mulai mengukur!

Ambil salah satu daun terlebih dahulu, dan letakkan benang tepat di ujung daun. Setelah itu, tarik dan ikuti bentuk daunnya sampai di ujung daun yang satunya. Kemudian beri tanda, dan ukurlah panjang benang yang sudah diukur menggunakan penggaris. Nah, pasti sekarang jadi tahu, kan… berapa panjang daun tersebut? Mudah, kan? Jadi, kami tidak perlu bersusah-susah membelokkan penggaris untuk mengikuti bentuk daun. Kami bisa menggunakan benda lain untuk membantu mengukur daun-daun yang sudah kami siapkan dari rumah tersebut.

Yeayyy…!!! Kami senang mengikuti pembelajaran pada hari ini, karena kami dapat mempraktikkan secara langsung, dan pekerjaan yang kami rasa susah, menjadi mudah. Tetap semangat belajar, ya!

boost the values reap the success