| |

Menjaga Kesehatan Anak dengan Membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

 

Hai kawan… Hari ini tanggal 20 Maret 2021 sekolah SD Kristen Petra 11 membuat sebuah kegiatan tentang “hidup sehat”.  “Salah satu kebiasaan yang dapat membantu menjaga kesehatan anak adalah cuci tangan pakai sabun.” Begitulah guruku mengawali kegiatan kita hari ini.  “Mencuci tangan seringkali dianggap sebagai kebiasaan yang sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, mencuci tangan adalah benteng utama dalam mencegah berbagai jenis penyakit, mulai dari demam, influenza, hingga diare.” Waaaah… aku jadi teringat saat aku terserang diare. Perut rasanya melilit dan buang-buang air. Mmm… pengalaman yang tidak mengenakkan. Aku tak mau kejadian itu terulang dalam dirilku.

Guru ku juga mengatakan bahwa “Kebiasaan ini khususnya penting untuk diajarkan kepada anak-anak, mengingat daya tahan tubuh masih lebih mudah untuk terserang penyakit akibat virus. Hal yang terpenting adalah anak-anak selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah beraktivitas di luar rumah, setelah menyentuh binatang peliharaan, dan setelah menutup mulut karena batuk atau bersin. Seringkali, anak-anak Anda lupa untuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.” Setelah guruku memberikan penjelasan, kami diajak mempraktekkan secara bersama-sama cara mencuci tangan. Kami melakukan kegiatan itu dari rumah masing-masing secara bersamaan.

 Aku mengingat cara mencuci tangan yang benar yang sudah dijelaskan oleh guruku. Aku mulai mempraktekkannyasesuai dengan urutan yang benar: 

  • Basahi tangan di bawah air mengalir 
  • Aplikasikan sabun ke tangan 
  • Gosok-gosokkan sabun di telapak tangan selama 10-15 detik. Pastikan sela-sela jari, punggung tangan, kuku, jempol, dan pergelangan tangan sudah digosok. 
  • Bilas sabun di tangan hingga bersih, lalu keringkan tangan menggunakan lap kering atau tisu sebelum menyentuh apapun.

Ooooowww…… ternyata mudah, namun kita sering lalai untuk melakukannya. Hati-hati ya teman-teman, di luar masih banyak virus, karena itu jangan lupa untuk tetap rajin mencuci tangan.  Kegiatan hari ini sangat bermanfaat buatku. Guruku mengingatkan kembali tentang kebiasaan hidup sehat. Tidak hanya makan makanan bergizi, namun juga menjaga pola kebersihan dalam diri. Sehat itu dimulai dari diri sendiri. Yeeeaaaa… terimakasih guruku.

boost the values reap the success