| |

Reportase Kegiatan Membuat Telur Asin

Kegiatan di sekolah kami memilik  kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini membawa kepada kami menuju kemajuan, ketrampilan, menerapkan pengetahuan, dan menambah wawasan. Tak heran Ibu guru kami mengajak melakukan kegiatan yang menyenangkan tersebut, yaitu membuat telur asin. Membuat telur asin ini dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Mei 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SD Kristen Petra 11. Ibu guru mengajak keikut sertaan siswa untuk terjun langsung, turut terlibat penuh dalam proses pembuatan telur asin.

telor.jpgnathan.jpgronald.jpgnathan_daniel.jpgyuriko.jpgtiara.jpgrensi.jpg

Sebelum proses praktik pembuatan telur asin dimulai, semua siswa diberi pengarahan oleh masih-masing guru kelas. Kami diberi pengetahuan seputar telur bebek, termasuk nilai gizi yang terkandung dalam sebutir telur bebek tersebut. Bu Anna guru kelasku memberikan pengarahan kepada kami cara membuat telur asin tersebut. Masing-masing kami sudah dibekali dengan empat buah telur bebek, garam krosok,bawang putih, bumbu rempah (opsional)(Cabai, daun salam, daun jeruk, jahe, laos, dan daun sereh secukupnya). Tempat/toples yang dapat ditutup rapat (kedap udara) serta amplasan/sabut cuci piring. Kemudian Ibu guru memberikan Langkah pembuatan kepada kami sebagai berikut:

  1. Cuci bersih kemudian amplas telur bebek secara perlahan (tujuan diamplas supaya garam dan bumbu rempah dapat terserap dengan baik)
  2. Larutkan garam dengan air dalam toples yang akan dipakai, pastikan garam benar-benar larut
  3. Cincang kasar bawang putih
  4. Siapkan bumbu rempah secukupnya
  5. Masukkan bawang putih dan bumbu rempah ke dalam toples, kemudian aduk hingga merata
  6. Masukkan telur secara perlahan
    Pastikan telur terendam secara menyeluruh, jika dibutuhkan tindih telur dengan plastik yang berisi air sehingga telur terendam dengan sempurna.
    Pastikan toples tertutup dengan rapat
  1. Rendam selama 10-14 hari
  2. Salama perendaman jauhkan dari sinar matahari
  3. Setelah proses perendaman selesai, rebus/kukus telur menggunakan api kecil maksimal 45 menit
  4. Telur asin siap disajikan

Waaaahhhh menyenangkan sekali ya. Aku bersama te,man-teman segera mencoba untuk membuatnya. Ada teman yang berhasil, namun ada juga yang belum berhasil. Namun kami terus mencoba dan berbagi pengalaman bersama teman. Teman yang belum berhasil akhirnya mampu untuk membuat telur asin. Hoooreeee….. berhasil… berhasil… yes.!! Terimakasih bu guru sudah memberikan pengalaman yang menarik.

boost the values reap the success