| |

It’s Time to Move On

Tidak terasa ya, jika sebentar lagi kita semua meninggalkan tahun 2019 dan memasuki tahun 2020, di tahun yang baru nantinya, apakah kalian memiliki harapan atau keinginan yang belum terwujud pada tahun 2019 ini? Selain harapan, sebenarnya ada hal penting, yang seharusnya kita renungkan, yaitu proses kehidupan yang boleh berjalan selama satu tahun ini, ada baiknya kita merefleksikan kasih Tuhan dan mengucap syukur atas semua anugerah-Nya yang sudah kita peroleh sepanjang tahun 2019. Selama prosesnya, pasti ada orang-orang yang senantiasa berada di sisi kita dalam keadaan apa pun, salah satunya adalah orang tua kita. Orang tua selalu menemani kita saat kita mengalami kesulitan belajar, perselisihan dengan teman, kurang bertanggung jawab, dan masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh kita. Untuk itu, sebelum kita memasuki tahun yang baru, kita harus mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada orang tua. Oleh karena itu, pada hari Jumat, tanggal 13 Desember 2019, kami siswa SD Kristen Petra 11 mengadakan proyek PKK yang bertema “It’s Time to Move On”, dimana dalam tema PKK pada tahun ini mengajak kami semua untuk menyatakan rasa terima kasih kami kepada orang tua dalam bentuk pigura yang akan kami buat.

IMG-20191213-WA0038.jpgIMG-20191213-WA0048.jpgIMG-20191213-WA0044.jpgIMG20191213104551.jpgIMG20191213103225.jpg

Dalam proyek PKK tahun ini, kami juga diajak untuk senantiasa setia kepada proses dan selalu bersyukur, karena orang tua yang begitu baik kepada kita yang mau mengikuti proses yang dijalani untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Maka dari itu, kita diwajibkan selalu bersyukur atas setiap proses yang kita jalani, terlepas proses tersebut menyenangkan atau tidak menyenangkan. Apabila kita selalu bersyukur kepada Tuhan, pasti proses yang dijalani akan dilancarkan dan kita dapat memetik sesuatu yang baik dari permasalahan tersebut. Rasa syukur juga diungkapkan pula kepada orang tua yang selalu memberikan dukungan dalam setiap proses yang dijalani.

Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk menunjukkan rasa kasih sayang kami kepada orang tua, dan kami juga berusaha sebaik mungkin supaya karya kami maksimal sehingga orang tua kami pun merasakan sukacita dan bangga karena memiliki anak seperti kami.

Yeaaay.. I Love you my parents!

I Love Indonesia

iloveindonesia_02.jpgiloveindonesia_03.jpgiloveindonesia_01.jpg

Pagi yang indah dengan cuaca yang sangat cerah yaitu Sabtu, 13 Desember 2014 seluruh siswa-siswi SD Kristen Petra 11 dari kelas I sampai kelas VI mengenakan baju batik. Wow....sungguh mereka terlihat tampan dan cantik. Dengan beraneka ragam batik yang mereka pakai membuat hari itu semakin tampak ceria. Rupanya hari itu mereka sedang belajar Pendidikan Karakter Kristiani dengan tema I Love Indonesia.

Ternyata untuk mewujudkan rasa cinta mereka kepada Bangsa Indonesia, mereka tidak hanya mengenakan baju batik saja, melainkan mereka juga menikmati berbagai macam jajanan tradisional yang ada di Indonesia. Misalnya :

  1. Klepon (terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah)
  2. Ongol-ongol (terbuat dari tepung sagu)
  3. Srawut (terbuat dari singkong yang diparut kasar dan diberi gula merah)
  4. Gempo (terbuat dari tepung gaplek dan dicampur dengan kacang beras)

Hhmmmm........menyenangkan sekali. Selain itu di kelas masing-masing, mereka juga bermain menggunakan alat permainan tradisional seperti bekel, dakon, dan sebagainya bahkan ada beberapa siswa yang membawa alat musik tradisional seperti gambang dan ketipung. Kegiatan ini bertujuan supaya para siswa lebih mengenal Indonesia dengan berbagai kekayaan yang dimiliki.

Kewirausahaan

Pada hari Sabtu, 9 Maret 2013 kami siswa-siswi SD Kristen Petra 11 mengadakan kegiatan kewirausahaan, sebagai bagian dari kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani SD Kristen Petra. Masing-masing dari kelas kami, kelas II hingga kelas V membuka stan bazar yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman yang enak. Eh, jangan salah lho, selain enak, makanan dan minuman yang kami jual juga bersih, sehat, dan murah. Kami menjual sate buah, roti bakar, sandwich, jagung manis, es cao, es sarang burung, dll. Pagi-pagi sekali kami sudah datang ke sekolah. Saat bel berbunyi, kami masing-masing sibuk membantu ibu guru kelas menyiapkan hidangan yang akan kami jual.

Wah, seru sekali.. Kami belajar banyak hal dari kegiatan ini. Kami belajar tentang kemandirian, kerjasama, kreativitas, dan semangat dalam bekerja. Terlebih lagi saat kami tahu bahwa hasil dari kegiatan kami hari itu akan kami gunakan untuk kegiatan sosial. Kami berharap kegiatan yang sanat positif ini akan membuat kami bertumbuh dengan baik dan memiliki karakter yang baik.

bazar3.jpgbazar4.jpgbazar2.jpgbazar1.jpg

Sikap Rela Berkorban

Pembentukan karakter merupakan suatu proses yang sangat penting bagi perkembangan anak. Anak perlu melihat dan melakukan secara langsung hal-hal yang baik dalam berperilaku.

Sabtu, 9 November 2013 siswa kelas I - VI SD Kristen Petra 11 mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani dengan tema Rela Berkorban. Dengan sikap tertib mereka mengikuti kegiatan kelas maupun penjelasan pleno. Dari penjelasan materi hari itu, para siswa diharapkan dapat mewujudkannya dalam sikap hidup sehari-hari.

Dengan bimbingan para guru kelas masing-masing, siswa kelas I –VI SD Kristen Petra 11 mencoba untuk mewujudkan sikap rela berkorban. Pada hari Sabtu, 16 November 2013, para siswa belajar berwirausaha bersama. Mereka tampak bersukacita melakukan segala kegiatan kewirausahaan ini mulai dari proses awal yaitu persiapan, sampai menyampaikan produk hasil kerjanya kepada teman yang lain. Dan wow... hasilnya sangat memuaskan !

Mereka benar-benar mewujudkan sikap rela berkorban untuk orang lain. Mengapa demikian ? Karena pada hari Senin, 18 November 2013 seluruh hasil dari wirausaha tersebut dibelikan beraneka macam kebutuhan sehari-hari dan dibagikan kepada penduduk di sekitar sekolah yang membutuhkan.

Wah... betapa bangganya melihat para siswa bisa menunjukkan sikap rela berkorban untuk orang yang ada di sekitar mereka.

Terima kasih anak-anak.......

Tuhan Yesus memberkati apa yang sudah kalian kerjakan. Amin .

rela_berkorban.jpg

boost the values reap the success