| |

Lomba Memperingati Bulan Bahasa

POSTER LOMBA BULAN BAHASA 2020

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, dimana dalam salah satu poin di ikrar Sumpah Pemuda pun, bahasa menjadi salah satu unsur penting yang disampaikan dalam butir ke tiga sumpah pemuda, dan dalam rangka memperingati bulan bahasa. SD Kristen Petra 11 menggelar berbagai kegiatan lomba, seperti: lomba membaca puisi, lomba pidato, dan lomba membuat komik. Mendengar hal ini, aku sangat antusias sekali. Ingin rasanya segera mengikuti kegiatan tersebut. Namun aku harus bersabar karena ada peraturan yang ditetapkan oleh panitia.

Kembangkan Bakat

Hari yang aku tunggu segera tiba, panitia mengadakan technical meeting untuk memberikan keterangan lebih detil mengenai kegiatan lomba tersebut. " Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 9-26 Oktober 2020. Kepala Sekolah SD Kristen Petra 11, Eny Wahyurini,S.Pd.  mengatakan, “Tujuan dilaksanakan kegiatan lomba Bulan Bahasa antara lain untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan seni sebagai ekspresi budaya yang santun, bermartabat, dan peduli lingkungan, terutama dimasa pandemic covid ini. Selain itu, juga member kesempatan bagi para siswa untuk dapat memaknai dengan mengambangkan bakat dan menumbuhkan rasa kecintaan pada literasi. Sekolah  juga ingin mengembangkan kreativitas anak dalam bidang bahasa dan seni serta memberikan pelatihan kepada siswa agar berani tampil.dengan menunjukkan kemampuan diri sendiri dengan mengembangkan talenta yang dimiliki. Adapun beberapa pemenang lomba akan mendapatkan hadiah menarik dan bermanfaat," Begitulah kalimat yang disampaikan kepada kami. Lebih lanjut panitia menjelaskan, agar peserta bisa segera mendaftarkan diri lomba apa yang hendak diikuti, dan mulai mengumpulkan hasil karya berupa video untuk lomba membaca puisi dan pidato, sedangkan untuk lomba komik menggunakan foto.

Mendengar hal itu aku semakin semangat untuk segera mengirimkan karyaku berupa lomba pidato. Berbagai upaya aku lakukan, dari menyusun kalimat hingga memberanikan diri mengungkapkan apa yang menjadi pemikiranku. Hal ini bukan sesuatu yang mudah, namun aku berani untuk mencoba dan melihat kemampuan diriku sendiri. Aku segera mengemasnya menjadi sebuah video yang menurutku sangat menarik. Rasa percaya diriku terasa tumbuh begitu aku melihat kembali hasil karyaku

Akhirnya waktu yang ditunggu tiba. Panitia mengumumkan pemenang lomba satu demi satu.

Pemenang lomba membuat komik sebagai berikut:

    • Juara 1: Nicoletta Gunawan, dari SD Kristen Petra 10 Surabaya
    • Juara 2: Janice Clarence Tjen, dari SD Kristen Petra 7 Surabaya
    • Juara 3: Angelina Theodora S., dari SD Kristen Petra 11 Surabaya

Pemenang lomba membaca puisi sebagai berikut:

    • Juara 1: Orion Jordan Christian, dari SD Kristen Petra 11 Surabaya
    • Juara 2: Kenneth Rafael Samuel L., dari SD Kristen Petra 7 Surabaya
    • Juara 3: Callysta Osaze Halim, dari SD Kristen Petra 7 Surabaya

Pemenang lomba pidato sebagai berikut:

    • Juara 1: Dewi Kirana Charistea, dari SD Kristen Petra 11 Surabaya
    • Juara 2: Morris Benejamen S Hukom, dari SD Kristen Petra 11 Surabaya
    • Juara 3: Andres Jonathan Tantrawirawan, dari SD Kristen Petra 5 Surabaya

Aku langsung melompat kegirangan begitu tahu namaku disebut sebagai juara 1 pada lomba pidato. Waaahh aku merasa bangga bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang kemampuannya juga sangat bagus. Puji Tuhan, aku langsung memeluk mama yang ada disiiku dan merasa senang bisa mempersembahkan yang terbaik untuk sekolahku.

Mengikuti Kegiatan Sekolah “Tingkatkan Pola Hidup Sehat Melalui Gerakan tanam dan konsumsi sayur”

Ada berbagai cara untuk membuat lingkungan lebih sehat dan menyenangkan. Salah satunya melakukan kegiatan menanam sayur di lingkungan rumah. Kegiatan menarik ini dilakukan di sekolahku, SD Kristen Petra 11. Kegiatan menanam sayuran ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa suka untuk menanam sayuran, dan meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran, serta penghijauan di lingkungan rumah. Begitulah kata ibu guru, saat mengawali kegiatan hari ini. Waaahhh senangnya hatiku mendapat pembelajaran baru yang menyenangkan di luar ruangan. Menggerakkan siswa untuk melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, dengan menanam sayuran membawa banyak manfaat bagi kita semua.

Kegiatan yang dilakukan bersamaan dengan tema Gerakan Menanam Sayuran Anak Sekolah ini, dipimpin langsung oleh guru-guru di sekolah secara bersamaan. Menurut ibu guru, “Para siswa harus melakukan kegiatan yang positif, gemar menanam sayuran, yang dapat dilakukan sejak usia anak-anak, karena mudah tertanam dan menjadi bekal kelak di saat dewasa” Duuh tidak sabar rasanya ingin segera melakukan kegiatan ini. Walau melakukannya secara daring, namun hal ini sangatlah menarik, karena dilakukan secara bersama-sama dan diwaktu yang sama pula.

Setelah guru memberikan penjelasan cara menanam sayur, aku dan teman-teman segera melakukan kegiatan tersebut. Kami bersama-sama menanam sayur kangkung. Kangkung adalah jenis sayuran dan ditanam sebagai bahan makanan. Banyak orang yang kini melakukan budi daya atau menanam tanaman sayuran ini, sebab sangat mudah ditanam. Tanaman kangkung tidak hanya bisa di tanam di lahan tapi juga bisa ditanam di pot atau polybag. Menanam kangkung sangatlah mudah, kami terlebih dahulu merendam biji kangkung selama 5 hingga 6 jam, kemudian ditiriskan agar tidak menggumpal. Setelah itu, kami siapkan polybag yang sudah diisi tanah organic, dan kami menabur benih kangkung tersebut.  Hooreeeee…. Rasanya senang punya tanaman sendiri. Setiap hari aku tak lupa untuk menyiramnya. “Tumbuhlah subur ya kangkung ku…. Jangan mati atau layu”.  Ini adalah pengalaman yang menyenangkan bagiku. Terimakasih bu guru, kami sudah diajak menanam sayuran.

Hidup Bangsaku!!......... Hidup Tanah Airku!! …… Indonesia Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!!

Aku sangat senang dan antusias meskipun lomba yang diadakan sekolah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lomba dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang aku ikuti di rumah dapat memberikan semangat baru karena suasana yang berbeda. Bagiku lomba menjadi tidak monoton karena ini sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun  sebelumnya. Selain itu juga menjadi refreshing yang sangat menarik setelah sekian lama kami harus belajar online, menonton televisi, dan bermain sendiri tanpa teman.

HUT Kemerdekaan RI adalah momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Upacara dan lomba-lomba biasanya dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada jasa para pahlawan sekaligus rasa syukur atas 75 tahun merasakan nikmat kemerdekaan. Kita tetap wajib memperingati HUT Kemerdekaan RI, namun tahun ini sedikit berbeda karena harus mentaati segala aturan protokol kesehatan. Meskipun dengan cara yang berbeda dari peringatan-peringatan sebelumnya, nilai-nilai patriotisme bagi kami anak-anak tetap harus diterapkan.

Acara perayaan kemerdekaan in diawali dengan menyanyikan bersama “Hari Merdeka”. Kami menyanyikan lagu tersebut bersama-sama melalui Zoom dengan lantang. Tidak terasa sudah 75 tahun negara tercinta kita, Indonesia merdeka. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari tersebut, salah satunya dengan berbagai lomba, tidak ketinggalan pula, keluarga besar SD Kristen Petra 11 ikut memeriahkannya dengan mengikuti lomba yang ada di sekolah. Lomba yang diadakan sangat seru dan menyenangkan, yaitu membuat ‘MEMBUAT GAPURA’ untuk kelas IV-VI.  Waah seru sekali… Kami harus cepat mengerjakan karena batasan waktu yang diberikan. Terlihat teman-temanku bersemangat dalam mengerjakan. Ada yang menggunting, menempel, bahkan ada juga yang menggunakan Styrofoam. Kami mulai membuat sesuai dengan keinginan kami. Jika para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, maka kami berjuang untuk dapat memberikan yang terbaik bagi sekolah kami. Selain lomba membuat gapura masih ada lagi lomba yang lain, untuk kelas I-III  yaitu lomba “MENGGAMBAR dan MEWARNAI” Waaahh….  Teman-teman sangat antusias menggambar dan mewarnai suasana perayaan HUT RI ini. Hasilnya sangat bagus dan beragam.

Semangat! Semangaaaat, kaliaaan pasti bisa…!! Seperti para pahlawan yang berjuang memperoleh kemerdekaan, peserta lomba juga harus perjuang untuk memperoleh kemenangan dan hadiah. Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!!

Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021

Pagi ini terasa indah dan berbeda dari hari sebelumnya. Hari Jumat, tanggal 17 Juli 2020 adalah hari yang sangat aku nantikan bersama teman-temanku SD Kristen Petra 11. Kami segera bergabung melalui Zoom untuk mengikuti kebaktian pembukaan tahun ajaran. Sesuatu yang sangat berbeda kami alami dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang bisa kami hadiri secara langsung. Bapak Ev. Danny Nobret, S.Th. memimpin ibadah dengan tema yang diangkat mengenai “El Shaddai” dan bacaan Alkitab diambil dari kitab dari Bilangan 13:30.

Screen-Shot-2020-07-21-at-7.54.jpgfoto_ibadah_2.pngScreen-Shot-2020-07-21-at-7.50.jpgScreen-Shot-2020-07-17-at-2.55.jpgfoto_ibadah.png

Acara ini di awali dengan menyanyi bersama dengan judul “Memuji Tuhan selalu”, yang sudah dikemas menjadi sebuah video yang disiarkan secara bersamaan melalui zoom. Terdengar suara teman-temanku menyanyi dengan bersemangat.  Guru mengajak kami berdiri dan bertepuk tangan mengikuti irama lagu yang dinyanyikan. Aku merasa senang sekali, terselip kerinduanku untuk bertemu teman-teman dan mengikuti ibadah secara langsung. Melalui video tersebut juga terlihat beberapa guru memimpin kebaktian dengan iringan music yang merdu. Bahkan ada beberapa lagu yang dinyanyikan, yang kesemuanya mengalun dengan indahnya. Aku dan teman-temanku terus mengikuti dengan baik.

Dalam khotbahnya, Bapak Danny mengingatkan kami agar:

  1. Kita bersyukur karena Allah itu selalu menyertai kita, sebab Allah itu maha kuasa.
  2. Allah memelihara kita di kelas yang baru. Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya dan kesetiaan-Nya tetap turun temurun. Apalagi di masa pandemic covid ini, pemeliharaan Tuhan nyata menyertai kita. Tuhan memberikan kita kesehatan, kepandaian dan saat kita belajar, mengerjakan tugas dari guru, Tuhan selalu menyertai kita dan memberikan kita hikmat serta kepandaian.
  3. Kita tidak boleh menyerah, tidak boleh berputus asa, dan tetap semangat walau belajar dari rumah.

Terima kasih Pak Danny.

I’M READY FOR SCHOOL

Masuk Tahun Ajaran Baru tanggal 13 Juli 2020, sekolah memiliki Strategi Pembelajaran Bermakna untuk Siswa

Pada tahun ajaran baru ini dipastikan kami para siswa masih belajar dari rumah. Sekolah sudah menyiapkan tatap muka dengan pilihan model pembelajaran agar kami  tetap bisa belajar aktif dan bermakna di tahun ajaran baru, dengan model pembelajaran daring, dan flipped learning, maupun gabungan keduanya, yang bisa dipakai oleh para guru. Terlihat para guru bersiap agar kami agar tetap belajar aktif dan bermakna. Pada pembelajaran tatap muka secara daring, komunikasi dan interaksi guru dan kami sudah dilakukan secara langsung dan real time. Aplikasi yang kami gunakan pada pertemuan daring ini seperti zoom atau aplikasi lainnya yang bersifat tatap muka secara daring.

IMG-20200724-WA0016.jpgIMG-20200723-WA0019.jpgIMG-20200713-WA0014.jpgIMG-20200723-WA0015.jpgIMG-20200723-WA0017.jpg

Hari pertama masuk sekolah terlihat kami  sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran online tersebut. Kami menggunakan baju seragam merah putih dengan sikap duduk yang baik,  siap mengikuti  MPLS  yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selama 3 hari. Hari pertama dibuka dengan video yang sudah dikemas dengan baik dan ditayangkan oleh para guru, sebagai bentuk pengenalan kepada kami mengenai struktur organisasi yang baru di sekolah. Bila ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, itu memang benar. Melalui tayangan video ini, kami mengetahui siapa Kepala sekolah,wakil kepala sekolah serta guru-guru yang mengajar. Kami merasa sangat senang dan menjadi dekat. Sesudah itu, guru mengajak kami menyanyi bersama mengenai ‘Hari pertama ke sekolah”., Kami sangat antusias dengan lagu tersebut, terdengar teman-teman menyanyi dengan suara keras dan tersenyum bahagia. Setelah itu, kami belajar tentang Pendidikan Karakter, “5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)”, “5 kata ampuh (Selamat pagi/siang/sore, Permisi, Maaf, Tolong, Terima kasih)”, dan “SADAR (Sampah buang pada tempatnya, Antre, Datang tepat waktu, Antusias belajar, Rasa memiliki)”. Saat pulang sekolah kami membuat pigura foto dan dihiasi dengan tulisan “Aku Anak Hebat”. Pada hari pertama ini, selain suasana sekolah yang baru, ada hal yang selalu kami lakukan, yaitu tentang budaya sekolah ketika ada yang mengatakan “Semangat Pagi!” maka kami harus menjawab dengan lantang “Pagi! Pagi…. Pagi… Pagi.. Yessss!! Aku yakin! Aku bisa!!

Pada hari kedua, guru mengajak kami membaca renungan dan memuji Tuhan. Setelah itu kami diajak berbagi pengalaman selama di rumah. Banyak sekali teman-teman yang bercerita mengenai pengalaman selama di rumah, namun selalu ada rasa rindu untuk bisa kembali ke sekolah. Kami mengungkapkan kerinduan kembali ke sekolah dengan harapan dapat bertatap muka secara langsung. Kemudian kami membuat berbagai tulisan yang kami hias sebagai ungkapan kerinduan kami, kemudian kami kumpulkan melalui google classroom, sekaligus kami belajar cara menggunakan layanan web ini bagi proses belajar kami selanjutnya. Bahkan guru juga sudah mengemasnya menjadi sebuah video yang memudahkan kami mengetahui cara menggunakan web tersebut.

Pada hari ketiga, hari terakhir mengikuti MPLS kami belajar mengenal lingkungan sekolah, saya dan teman-teman diajak untuk melihat lingkungan sekolah melalui video, mulai dari ruang kepala sekolah, ruang guru, perpustakaan, waaahh kami terkejut ternyata ada lapangan yang baru dan luas. Selain itu ada kandang burung dan kolam ikan yang baru pula. AAAhh…rasanya kami tak sabar ingin bisa melihat secara langsung lingkungan sekolah kami. Sungguh menyenangkan 3 hari pertama saya bersekolah, walau hanya melalui zoom namun saya dapat mengenal diri sendiri, teman-teman, dan lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Yeay! Saya semakin semangat dan antusias untuk bersekolah di hari-hari ke depan melalui online… serta terus berharap agar bisa segera bertatap muka secara langsung bersama guru-guru dan teman-teman semuanya. Semangat Pagi! Pagi…. Pagi… Pagi.. Yessss!! Aku yakin! Aku bisa!!

 

 

boost the values reap the success