| |

I’M READY FOR SCHOOL

Masuk Tahun Ajaran Baru tanggal 13 Juli 2020, sekolah memiliki Strategi Pembelajaran Bermakna untuk Siswa

Pada tahun ajaran baru ini dipastikan kami para siswa masih belajar dari rumah. Sekolah sudah menyiapkan tatap muka dengan pilihan model pembelajaran agar kami  tetap bisa belajar aktif dan bermakna di tahun ajaran baru, dengan model pembelajaran daring, dan flipped learning, maupun gabungan keduanya, yang bisa dipakai oleh para guru. Terlihat para guru bersiap agar kami agar tetap belajar aktif dan bermakna. Pada pembelajaran tatap muka secara daring, komunikasi dan interaksi guru dan kami sudah dilakukan secara langsung dan real time. Aplikasi yang kami gunakan pada pertemuan daring ini seperti zoom atau aplikasi lainnya yang bersifat tatap muka secara daring.

IMG-20200724-WA0016.jpgIMG-20200723-WA0019.jpgIMG-20200713-WA0014.jpgIMG-20200723-WA0015.jpgIMG-20200723-WA0017.jpg

Hari pertama masuk sekolah terlihat kami  sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran online tersebut. Kami menggunakan baju seragam merah putih dengan sikap duduk yang baik,  siap mengikuti  MPLS  yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selama 3 hari. Hari pertama dibuka dengan video yang sudah dikemas dengan baik dan ditayangkan oleh para guru, sebagai bentuk pengenalan kepada kami mengenai struktur organisasi yang baru di sekolah. Bila ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, itu memang benar. Melalui tayangan video ini, kami mengetahui siapa Kepala sekolah,wakil kepala sekolah serta guru-guru yang mengajar. Kami merasa sangat senang dan menjadi dekat. Sesudah itu, guru mengajak kami menyanyi bersama mengenai ‘Hari pertama ke sekolah”., Kami sangat antusias dengan lagu tersebut, terdengar teman-teman menyanyi dengan suara keras dan tersenyum bahagia. Setelah itu, kami belajar tentang Pendidikan Karakter, “5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)”, “5 kata ampuh (Selamat pagi/siang/sore, Permisi, Maaf, Tolong, Terima kasih)”, dan “SADAR (Sampah buang pada tempatnya, Antre, Datang tepat waktu, Antusias belajar, Rasa memiliki)”. Saat pulang sekolah kami membuat pigura foto dan dihiasi dengan tulisan “Aku Anak Hebat”. Pada hari pertama ini, selain suasana sekolah yang baru, ada hal yang selalu kami lakukan, yaitu tentang budaya sekolah ketika ada yang mengatakan “Semangat Pagi!” maka kami harus menjawab dengan lantang “Pagi! Pagi…. Pagi… Pagi.. Yessss!! Aku yakin! Aku bisa!!

Pada hari kedua, guru mengajak kami membaca renungan dan memuji Tuhan. Setelah itu kami diajak berbagi pengalaman selama di rumah. Banyak sekali teman-teman yang bercerita mengenai pengalaman selama di rumah, namun selalu ada rasa rindu untuk bisa kembali ke sekolah. Kami mengungkapkan kerinduan kembali ke sekolah dengan harapan dapat bertatap muka secara langsung. Kemudian kami membuat berbagai tulisan yang kami hias sebagai ungkapan kerinduan kami, kemudian kami kumpulkan melalui google classroom, sekaligus kami belajar cara menggunakan layanan web ini bagi proses belajar kami selanjutnya. Bahkan guru juga sudah mengemasnya menjadi sebuah video yang memudahkan kami mengetahui cara menggunakan web tersebut.

Pada hari ketiga, hari terakhir mengikuti MPLS kami belajar mengenal lingkungan sekolah, saya dan teman-teman diajak untuk melihat lingkungan sekolah melalui video, mulai dari ruang kepala sekolah, ruang guru, perpustakaan, waaahh kami terkejut ternyata ada lapangan yang baru dan luas. Selain itu ada kandang burung dan kolam ikan yang baru pula. AAAhh…rasanya kami tak sabar ingin bisa melihat secara langsung lingkungan sekolah kami. Sungguh menyenangkan 3 hari pertama saya bersekolah, walau hanya melalui zoom namun saya dapat mengenal diri sendiri, teman-teman, dan lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Yeay! Saya semakin semangat dan antusias untuk bersekolah di hari-hari ke depan melalui online… serta terus berharap agar bisa segera bertatap muka secara langsung bersama guru-guru dan teman-teman semuanya. Semangat Pagi! Pagi…. Pagi… Pagi.. Yessss!! Aku yakin! Aku bisa!!

 

 

boost the values reap the success