| |

Menerapkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak Di Era Milenium

bu ivonne

Apa yang terlintas dipikiran kita, jika kita mendengar era milenium? Yap, generasi milenial adalah mereka yang lahir di awal tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an. Generasi milenial adalah generasi yang lahir di era kemajuan  teknologi dan informasi. Mereka menikmati berbagai kemudahan akses informasi, transportasi dan berbagai fasilitas modern lainnya yang tersedia saat ini seiring kemajuan zaman termasuk teknologi dalam dunia pendidikan. Melihat fenomena yang terjadi saat ini, lantas apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua untuk menerapkan kemandirian dan tanggung jawab di era ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada hari Jumat, 12 Juli 2019, SD Kristen Petra 11, mengadakan Ceramah orang tua siswa baru yang bertujuan untuk membekali orang tua dalam mendidik anak-anak mereka di era ini yang disampaikan oleh Ivonne Edrika,S.Psi., Psikolog.

6.jpg4.jpg7.jpg5.jpgbu-ivonne.jpg1.jpg3.jpg
 

Sebelum membahas lebih jauh tentang pembahasan ini, pertama-tama kita harus mengetahui bagaimana fenomena anak zaman sekarang, anak zaman sekarang sudah disuguhi dengan kemajuan teknologi yang dapat berdampak positif maupun negatif untuk anak-anak kita, yang menyebabkan kemandirian serta tanggung jawab anak semakin menurun. Lalu, sebagai orang tua, apa yang bisa kita lakukan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab anak? Ibu Ivonne memberikan penjelasan sebagai berikut, yang pertama yang bisa dilakukan sebagai orang tua adalah menetapkan target waktu, berapa lama kita harus melatih kemandirian anak. Kedua, sebagai orang tua kita harus melakukan tahap demi tahap, semua perlu proses, jadi kita harus sabar untuk melakukannya dengan aturan yang ada. Ketiga, kita harus melakukannya dengan konsisten. Yang terakhir, kita sebagai orang tua harus menghargai setiap usaha yang sudah dilakukan oleh anak kita dengan memberikan penghargaan.

Menurut ibu Ivonne, lingkungan sangat berperan besar terhadap tumbuh kembang anak, perlu kerja sama antara orang tua, guru, dan teman sehingga semua dapat berjalan dengan semestinya. Melalui seminar ini, diharapkan orang tua dapat memperoleh ilmu yang baru sehingga dapat menerapkannya di kehidupan keluarga.

AMSAL 22:6
Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Tuhan Yesus memberkati

boost the values reap the success