| |

Mengikuti Kegiatan Sekolah “Tingkatkan Pola Hidup Sehat Melalui Gerakan tanam dan konsumsi sayur”

Ada berbagai cara untuk membuat lingkungan lebih sehat dan menyenangkan. Salah satunya melakukan kegiatan menanam sayur di lingkungan rumah. Kegiatan menarik ini dilakukan di sekolahku, SD Kristen Petra 11. Kegiatan menanam sayuran ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa suka untuk menanam sayuran, dan meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran, serta penghijauan di lingkungan rumah. Begitulah kata ibu guru, saat mengawali kegiatan hari ini. Waaahhh senangnya hatiku mendapat pembelajaran baru yang menyenangkan di luar ruangan. Menggerakkan siswa untuk melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, dengan menanam sayuran membawa banyak manfaat bagi kita semua.

Kegiatan yang dilakukan bersamaan dengan tema Gerakan Menanam Sayuran Anak Sekolah ini, dipimpin langsung oleh guru-guru di sekolah secara bersamaan. Menurut ibu guru, “Para siswa harus melakukan kegiatan yang positif, gemar menanam sayuran, yang dapat dilakukan sejak usia anak-anak, karena mudah tertanam dan menjadi bekal kelak di saat dewasa” Duuh tidak sabar rasanya ingin segera melakukan kegiatan ini. Walau melakukannya secara daring, namun hal ini sangatlah menarik, karena dilakukan secara bersama-sama dan diwaktu yang sama pula.

Setelah guru memberikan penjelasan cara menanam sayur, aku dan teman-teman segera melakukan kegiatan tersebut. Kami bersama-sama menanam sayur kangkung. Kangkung adalah jenis sayuran dan ditanam sebagai bahan makanan. Banyak orang yang kini melakukan budi daya atau menanam tanaman sayuran ini, sebab sangat mudah ditanam. Tanaman kangkung tidak hanya bisa di tanam di lahan tapi juga bisa ditanam di pot atau polybag. Menanam kangkung sangatlah mudah, kami terlebih dahulu merendam biji kangkung selama 5 hingga 6 jam, kemudian ditiriskan agar tidak menggumpal. Setelah itu, kami siapkan polybag yang sudah diisi tanah organic, dan kami menabur benih kangkung tersebut.  Hooreeeee…. Rasanya senang punya tanaman sendiri. Setiap hari aku tak lupa untuk menyiramnya. “Tumbuhlah subur ya kangkung ku…. Jangan mati atau layu”.  Ini adalah pengalaman yang menyenangkan bagiku. Terimakasih bu guru, kami sudah diajak menanam sayuran.

boost the values reap the success