| |

Tips dan Pengalaman Meraih Juara II Lomba Artikel HUT PPPK Petra 70 Tahun

DSC_4397.jpgDSC_4398.jpgDSC_4405.jpg

Namaku Kevin Yuwono biasa dipanggil kevin. Saat ini aku sedang duduk di SD Kristen Petra 11 kelas IV. Pada kesempatan ini, aku mau berbagi sedikit pengalaman yang pernah aku dapat di bulan februari 2021. Saat itu guruku menunjuk aku mewakili sekolah mengikuti lomba HUT PPPKPetra yang sedang diadakan lomba membuat artikel. Semula aku ragu, namun oramng tua sangat mendukung aku dengan member semangat. Akhirnya aku bersedia untuk mengikuti lomba tersebut. Setelah melalui perjalanan panjang aku berjuang membuat artikel dengan tema “Perjuangan Sekolah Kristen Petra di Masa Pandemi”. Disini aku sangat antusias menjelaskan bagaimana sekolah PPPK Petra membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa belajar. Aplikasi itu adalah Learning Management System atau disingkat LMS. Selain itu aku juga menceritakan mengenai berbagai aplikasi yang digunakan guru-guru untuk memudahkan melakukan kontak dengan kami. Waaah seeruuuu sekali saat aku menceritakan. Ini adalah pengalaman yang sangat berarti dan bisa aku ungkapkan bagaimana perasaan bangga ku kepada sekolah Petra ini.

Saat pengumuman tiba dan hooreeeee…. Aku melompat kegirangan. Semula aku tidak menyangka akan meraih juara II, sungguh membuat aku bangga dengan diriku. Puji Tuhan, usahaku tidak sia-sia meraih prestasi ini. Itu semua berkat usaha dan doa yang selalu aku lakukan. Bagiku itu bukan hanya kesempatan untuk mendapat pengalaman tapi juga sesuatu yang perlu dibanggakan karena banyak orang yang juga ingin merasakan pengalaman itu dan belum bisa mendapatkannya. Aku rasa ini sangat pantas untuk dibagikan kepada kalian. Lakukanlah usaha dengan maksimal, usaha adalah proses menuju kemajuan. Jadi, aku ngerasa setiap langkah adalah proses dan ketika ada proses pasti ada kemajuan. Dan jangan lupa untuk berbuat baik yah. Ingat bahwa ketika kita memberi pasti kita akan diberi. Jangan ragu untuk terus berbagi kebaikan terhadap sesama hehehehe.

Lomba Cipta dan Baca Puisi

WhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.26.13_1.jpegWhatsApp_Image_2021-02-17_at_12.09.10.jpegWhatsApp_Image_2021-02-17_at_12.09.21.jpegWhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.26.54.jpegWhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.41.12.jpegWhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.26.54_1.jpegWhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.26.13.jpegWhatsApp_Image_2021-02-16_at_18.37.25.jpeg

Horeeeeeeee…… Happy Anniversary PPPK Petra 70 tahun. Waaaahhh senang rasanya aku bisa ikut memeriahkan ulang tahun Petra. Banyak lomba yang bisa kita ikuti loh, salah satunya lomba “Cipta & Baca Puisi”. Saat itu guru kelas menghubungi ku dan meminta aku agar mengikuti lomba tersebut. Tidak semua terpilih, namun dari sekolah akan diambil yang terbaik untuk perayaan HUT petra. Aku bersama 1 orang temanku banyak diberi pelatihan oleh guru-guru SD Petra 11. Berbagai macam bentuk puisi diberikan pada kami untuk berlatih, agar bisa tampil maksimal pada tanggal 8 Februari 2021. “Nada, intonasi, gerakan, dan ekspresi sangat berpengaruh saat membaca puisi”, begitu kata bu guru. Banyak kesalahan yang aku buat saat berlatih. Berulang kali aku diminta untuk mengulang sampai aku benar-benar memahami isi dari puisi tersebut. Ini bukan hal yang mudah bagiku. Namun motivasi dari guru-guru membuatku tidak patah semangat. Hari demi hari terus aku lalui bersama temanku untuk berlatih. Setiap pembelajaran kelas usai, kami langsung berlatih bersama ibu guru. Saat berlatih ini aku merasakan semuah perjuangan yang harus aku tempuh. Semangat saja tidaklah cukup, namun usaha dan pengorbanan sangat diperlukan untuk dapat meraih juara.

Akhirnya saat lombapun tiba. Aku mendapat giliran dengan nomer peserta 29 dan temanku nomer peserta  4. Waaahhhh dag dig dug rasanya saat menunggu. Keringat dingin menjalar di sekujur badanku, dan hatiku terasa tidak tenang. Antara takut berbuat salah dan keinginan untuk menang berkecamuk dalam hatiku. Guru dan orang tua ku mengingatkan agar aku berdoa dan tidak grogi. Namun hal ini bukan hal mudah bagiku. Peserta yang begitu banyak dari berbagai sekolah Petra bukanlah tandingan yang mudah. Tampilan mereka sangat mengesankan. Satu demi satu peserta mulai beraksi membaca puisi. Naaah sekarang tiba giliranku. Aku berdoa dan menenangkan diri sejenak. Aku kemudian mulai membaca puisi yang sudah kami persiapkan. Perjuangan ini aku lakukan dengan sungguh-sungguh dan berusaha yang terbaik. Legaaaa rasanya setelah aku berhasil tampil.

Saat pengumuman pemenang tiba, “Peserta nomer 29: Orion Jordan Christian” begitulah namaku disebut, waaaahhhhh hooreeee…. Aku melonjak kegirangan. Ucapan selamat banyak mengalir untuk ku. Ternyata SD Petra 11 meraih 2 juara sekaligus. Aku meraih Juara Harapan 1 dan temanku Sharon Sundjaja  Budiyanto meraih Juara Harapan 2. Yeeeaaahhh…. Yeeesss… begitu teman-temanku bersorak member selamat padaku secara virtual. Walau belum meraih juara 1, 2 atau 3, namun ini sudah menjadi pengalaman yang terbaik dalam hidupku. Sebuah usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti membawa hasil. Aku bersyukur pada Tuhan dan kucium ke dua orang tuaku atas support yang diberikan. Terimakasih semuanya, terimakasih guruku tersayang. I Love You Petra 11. I Love You PPPK Petra.

Petra Junior Cooking Competition

DSC04209

Ayooo… cepat… tambahkan garamnya! Ayo, aduk terus, supaya nasinya cepat tercampur dan tidak gosong!” Kalimat itu yang muncul, ketika kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 11, mempersiapkan diri untuk mengikuti cooking competition yang akan diadakan pada tanggal 4 Oktober 2019, di Pakuwon Trade Center. Kami begitu antusias untuk mengikuti lomba ini, karena memasak adalah salah satu bakat yang kami miliki, dan kompetisi ini adalah salah satu wadah bagi kami untuk menyalurkannya.

SD Kristen Petra 11 maju dengan dua kelompok. Kelompok I beranggotakan Stephanie Chen dan Christian Davin Noel. Kelompok II beranggotakan Nathania Christabelle Tan dan Joshua Matthew Karuniawan. Kami berharap, jika kami yang terpilih, kami mampu membawa nama baik SD Kristen Petra 11. Menghadapi lomba ini, kami dengan semangat dan tekun melakukan latihan sampai kami benar-benar mantap melakukannya. Tema masakan dalam kompetisi pada tahun ini adalah makanan dan minuman nusantara. Ada beberapa pilihan menu yang dikeluarkan oleh panitia. Untuk makanan, ada nasi goreng jawa, nasi goreng mawut, dan nasi goreng sunda. Sedangkan untuk minuman, ada es campur, es teler, dan es manado. Kepastian akan menu mana yang menjadi menu lomba, akan diberitahukan oleh panitia pada saat hari-H.

IMG 9190

My First Experience

spelling_03.jpgspelling_01.jpgspelling_02.jpg

Hari Sabtu, tanggal 6 Oktober 2018. Saya (Sharon Sundjaja Budiyanto) mengikuti lomba Speeling Bee di Pakuwon Mall. Saya tidak menyangka, jika saya mendapatkan juara II pada waktu perlombaan itu. Saya mengikuti lomba ini dikarenakan saya menyukai pelajaran Bahasa Inggris. Saya bersyukur dan sangat senang karena ternyata, saya mampu untuk bersaing dengan anak-anak yang lain. Saat dipilih oleh guru Bahasa Inggris untuk mengikuti lomba ini, saya merasa antuasias sekali, karena ini merupakan pengalaman pertama saya untuk mengikuti lomba.

Lomba Pianika

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang akan datang, Dinas Pendidikan kota Surabaya mengadakan berbagai macam lomba. Salah satunya adalah lomba pianika. Lomba ini diikuti oleh 105 peserta siswa SD dari beberapa kecamatan yang ada di Surabaya. Kegiatan lomba pianika ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2016 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Dalam kesempatan ini SD Kristen Petra 11 diwakili oleh Almerinda siswi kelas V. Melalui latihan dan kerja keras yang dibimbing oleh Ibu Sifera, kami memperoleh juara harapan 2. Melalui kemenangan ini kami bersyukur dan merasakan penyertaan Tuhan yang luar biasa untuk Almerinda.

boost the values reap the success